Jumat, 06 Januari 2017

CARA INSTAL ER-MAPPER 7.1

BUDAYAKAN MEMBACA SEBELUM BERKOMENTAR
Hy, sahabat blogger
Pada postingan kali ini, admin akan berbagi tutorial tentang cara INSTAL SOFTWARE ER-MAPPER 7.1. Namun sebelum itu, admin ingin berbagi pengalaman tentang proses menginstal program Er-Mapper ini. 
Menginstal software Er-Mapper merupakan salah satu kendala yang pernah admin alami ketika masih menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinngi di Makassar, saat itu admin diberikan tugas mata kuliah Pengindraan Jauhu terkait pengolahan data satelit dengan menggunakan software Er-Mapper ini. Berhari-hari admin browsing sana sini namun tidak pernah ketemu, akhirnya dengan kerja keras dan tidak putus asa berbuah hasil, admin dipertemukan dengan seseorang yang yang belum pernah admin kenal sama sekali dan dijarkanlah oleh beliau cara-cara untuk menginstal software Er-Mapper. Singkat cerita orang tersebutlah yang kemudian menjadi GURU admin untuk terjun ke dunia pemetaan. Dari pengalaman itulah, maka admin ingin berbagi tutorial ini kepada sobat blogger, agar tidak mengalami hal yang serupa dengan admin.
Ok sobat blogger, agar sobat tidak merasa bosan dalam kunjungan ke blog ini, maka berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan instalasi Software Er-Mapper 7.1.
  1. Buka folder Er- Mapper dan cari Er-Mapper Setup.exe klik kanan dan Pilih Run as administrator dan Next-Next hingga selesai. (catatan : nama bisa di tulis sesuai keinginan).
  2. Ketika diminta untuk merestar komputer maka pilih No. dan klik Finish
  3. Balik ke folder Er-Mapper dan cari ermapper.lic (ini adalah licensenya). Copy ermapper.lic ke Data C  dan paste dalam folder Ermapper.
  4. Klik star, dan pada kotak pencarian tulis “Environment” lihat gambar
  5. Pilih “Edit environment variable for you account” maka akan muncul kotal kecil “Environment Variable” (lihat Gambar).
  6. Kemudian pilih “New”  isilah pada kolom “variable name” dengan nama LM_LICENSE_FILE ( Lihat gambar).
  7. Kembali pada folder Ermapper pada Data C, lalu carilah ermapper.lic klik kanan dan pilih propertis. (WARNING : jangan sampai salah copy) pada kolom propertis ermapper.lic anda akan menemukan tulisan  C:\ERMapper71\ermapper.lic copy “C:\ERMapper71\ermapper.lic” tanpa tanda kutip, lalu paste pada  kolom “variable value”. Kemudian klik ok – ok.
  8. Buka software Er-Mapper 7.1 yang telah anda instal, maka akan mucul kotak registrasi license, pilih Floating dan Close. Kemudian restar komputer anda. Buka kembali software Er-Mapper 7.1.
  9. Er-Mapper 7.1 Pro sudah siap digunakan.
Dan untuk versi videonya silahkan teman-teman klik tombol playnya Ya!!!

Jika teman-teman ingin menyimpan tutorial ini dalam versi dokumen langsung tanpa harus Copy Paste lagi ke word ? silahkan teman-teman klik link dibawah ini ya !!!
Link Versi Dokumen Cara Instal ERMAPPER 7.1 PRO https://umimakassar.academia.edu/Nzrsite
disana telah penulis posting kumpulan tutorial lainnya, siapa tahu aja ada yang teman-teman butuhkan juga,

Selamat menggunakan Er-Mapper 7.1 Pro dan semoga artikel ini dapat membantu anda. 

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda